Selasa, 13 Agustus 2013

XO Kopitiam : Kopitiam Melayu-Oriental

Jika Anda pernah berkunjung ke Malaysia atau Singapura, Anda akan banyak menjumpai warung kopi di pinggir jalan dan dari situlah cikal bakal Kedai Kopitiam berasal. Meskipun sama-sama bernama Kopitiam, keduanya memiliki perbedaan. Jika Kopitiam di Singapura kebanyakan menyajikan bread toast, Kopitiam di Malaysia menyajikan masakan oriental-melayu. 

Kini, untuk menikmati suasana Kopitiam Malaysia, Anda tidak perlu repot jauh-jauh ke negeri Melayu karena di Semarang ada kedai Kopitiam enak di tengah kota. Berlokasi di Jalan Imam Bonjol, X.O. Kopitiam, menyajikan makanan melayu-oriental, dimana Anda akan banyak menemukan makanan unik di tempat tersebut. X.O Kopitiam merupakan restauran satu grup dengan X.O. Dimsum.


X.O. Kopitiam memiliki halaman parkir yang luas. Dengan nuansa resto bintang lima, kedai ini memiliki interior khas oriental, hampir seperti X.O. Dimsum. Anda juga dapat melihat bagaimana koki membuat hidangan, karena kopitiam ini memiliki open kitchen di halaman depan untuk membuat roti tissu dan prata. Sedangkan di bagian belakang restauran, anda akan menemui open kitchen untuk main course.



Menu yang disajikan tidak hanya snack dan appetizer, anda juga akan menjumpai berbagai main course khas ala Malaysia, khususnya daerah Penang, dan desert. Dan tak lupa, sebagai sajian khas kopitiam, pasti kurang lengkap kalau tidak menyajikan Teh dan Kopi Tarik. Mencoba mencicipi makanan yang unik, kami memesan Roti Tissu sebagai appetizer, Mee Goreng Mamak dan Penang Curry Laksa sebagai main course, dan Ice Soya Cincau sebagai desert, serta tak lupa Es Teh Tarik.


Roti Tissu Original
Rp 14.800,-


Es Teh Tarik & Es Soya Cincai 
Rp 15.800,- & Rp 14.800,-


Penang Curry Laksa
Rp 22.800

Mee Goreng Mamak
Rp 20.800,-

Secara keseluruhan, makanan yang disajikan menyenangkan karena khas Malaysia-nya masih ada. Berbeda dengan beberapa kopitiam yang mulai menjamur di Semarang, rasa masakannya sudah diadaptasi ke selera Jawa. 

Untuk roti tisunya memiliki ukuran yang besar seperti tumpeng dan bisa dimakan bersama-sama, 3 sampai 4 orang. Disarankan untuk membeli rasa Original, karena apabila ditambah dengan topping keju atau milo, rasanya eneg dan Anda akan merasa kenyang sebelum makan menu lain.

Penang Curry Laksa dan Mee Goreng Mamaknya memiliki isian seafood yang banyak dan hati-hati jika Anda memiliki alergi seafood. Untuk isian laksa, mi menjadi isi yang dominan selain seafood dan sayur. Selain itu, untuk mee goreng mamak, ada ciri khas yang unik yaitu ada tauge di dalamnya sebagai sayur. 

Sebagai desert, es soya cincau menjadi minuman pencuci mulut yang enak setelah makan besar. Susu yang digunakan cukup kental dan hal tersebut dicampur dengan cincau hitam yang tidak terlalu manis sehingga rasanya pas.

Kopitiam akan selalu menyajikan teh tarik. Namun yang disayangkan, teh tarik di kedai ini tidak banyak busanya. Padahal ciri khas busa diatas teh merupakan hal yang tidak boleh dihilangkan dari teh atau kopitarik.

Tidak boleh dilupakan dari kedai kopitiam ini adalah pelayanannya. Di kopitiam ini, pelayannya cepat tanggap meskipun ditengah suasana keramaian para pelanggan. Dengan demikian, kopitiam ini sangat recommended untuk dikunjungi.

X.O. KOPITIAM
Jalan Imam Bonjol no 150 Semarang
Telp. 024-3547757
Jam Buka : Setiap Hari, 10.00 - 21.00
Rata-rata makan per orang: Rp 45.000