Minggu, 05 Februari 2012

Piknik: Bandungan

Kalau Kota Bandung, Anda akan membayangkan kota modern yang sejuk, dan berada di Jawa Barat, jauh dari kota Semarang. Namun di jika Kota Bandungan, Anda hanya memerlukan waktu satu setengah jam dari kota Semarang untuk mencapai tempat tersebut. Sama-sama dengan suasana yang sejuk, Bandungan merupakan kota kecil tradisional yang ada di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang. Di tempat tersebut, Anda bisa berjalan-jalan ke Candi Gedong Songo, menginap di villa, atau sekedar jajan di sekitar daerah tersebut. 


Makanan yang khas di daerah tersebut adalah sate kelinci, getuk goreng, dan tahu serasi bandungan. Anda bisa mendapatkannya di depan kantor kecamatan Bandungan, dekat pasar Sumowono. Untuk sate kelinci, jangan takut memakannya karena jenis kelinci yang dimasak adalah kelinci pedaging, bukan kelinci hias. Namun jika Anda tidak menghendaki kelinci, Anda bisa memesan sate ayam. Untuk harga, jangan khawatir. Satu porsi sate Rp12.000,- lengkap dengan nasi atau lontong. Sedangkan gorengan (getuk goreng dan tahu serasi) anda bisa membawa pulang dengan harga Rp5000 isi sepuluh.





Pasar Sumowono ramai pada pagi hari hingga sore. Namun, disarankan jika Anda ingin berkunjung kesana pada pagi hari pukul 10.00 karena jika Anda datang sore hari, Anda tidak banyak menemukan kuliner tradisional yang patut dicicipi. Rencanakan weekend Anda untuk ke Bandungan.