Selasa, 27 September 2011

Vegetarian Menu di Basilia Cafe & Dine

Restoran yang menyajikan makanan vegetarian di Semarang memang langka, kecuali kita request sendiri kepada pelayan restoran. Jika Anda kebetulan berada di Citra Land Semarang, Basilia Resto bisa menjadi referensi makan siang atau makan malam dengan menu vegetarian. Jika anda tidak vegetarian, anda bisa memesan menu lain yang ada daging/ayamnya di kafe yang menyajikan menu ala barat ini. Karena kafe ini menyediakan menu lengkap, maka tim review kuliner memesan menu lengkap; appetizer-main course-desert


Copacino Freezy Drink (Freezing Coffee and Milk Based)
Rp 8.900,- 


Sup Krim Jamur Wortel
Rp 23.000,- 


Vegetarian Pizza
Small Rp 37.900,-
Large Rp 54.900,- 


Banana Pancake Original
Rp 7.500,-
(Extra Ice Cream Rp 12.000,-)

Ketika pertama kali masuk dan duduk di meja yang ada di dalam kafe, reviewer merasa sedang makan di restoran mewah karena suasana dan pelayanannya yang sangat menyenangkan. Sesuai dengan tagline dari kafe ini "Fresh-Organic-Healthy-Non MSG", rasanya reviewer sangat percaya bahwa kafe ini tidak akan mengecewakan para pelanggannya dalam menyajikan makanan. Jika dilihat dari harganya, mungkin cukup tinggi, namun untuk kelas makanan organik, harga tersebut masih terbilang rasional. Apabila anda takut dengan harga yang disajikan, anda bisa memesan menu paket nongkrong yang rata-rata Rp20.000an

Menu pertama yang datang adalah sup krim. Tampilan dalam mangkuk sangat menarik. Rasa dari krim yang kental dan jamur yang pekat, serta wortel yang memuat warna merah menyatu dengan baik. Potongan roti yang ada di atasnya menambah tekstur yang sebenarnya makanan ini adalah sup yang kental, hampir seperti tidak berair. 

Pizza vegetarian menjadi main course kami. Basilia menyajikan pizza yang tipis, seperti asli Itali dengan tekstur roti yang renyah. Topping diatasnya berupa paprika, tomat, bawang, jagung, jamur, terong, zucchini, dan saus tomat buatan sendiri, ditambah keju leleh diatasnya, membuat makanan ini tergolong berat dan mengenyangkan. Untuk small, dapat untuk dimakan 2-3orang, sedangkan ukuran besar untuk 4-5orang.

Makanan penutup kami adalah Banana Pancake tanpa es krim. Menurut kami, sepintas ini seperti serabi solo ukuran besar dengan pisang dan taburan gula halus diatasnya. Yang membedakan adalah adonan pancakenya yang tidak terlalu manis.

Kafe yang menyediakan makanan vegetarian, terlebih ala barat memang langka di Semarang. Oleh karena itu, tim Review Kuliner merekomendasikan kafe ini.

Basilia Kafe & Dine
Alamat : Ruko no 1 Citraland, Simpang Lima, Semarang
Jam buka: 10.00 - 21.00
Harga rata-rata: Rp 45.000,-/orang
Reviewer: Desi Arista (@desiarista) dan Akbar (@aqbr)