Selasa, 27 September 2011

Tahu Gimbal Semarangan "Bu Atin"

Selain Lumpia dan Wingko, Semarang juga punya makanan khas yaitu Tahu Gimbal. Kalau mau makan tahu gimbal, anda bisa datang ke Taman Menteri Supeno (atau biasanya disebut Taman KB), belakang Kantor Gubernuran Semarang. Disana anda akan menemukan sederet penjual tahu gimbal. Sulit memang menemukan tahu gimbal mana yang paling enak dari banyak penjual yang ada di sana, tim Review Kuliner memilih untuk makan di Tahu Gimbal "Bu Atin" yang ada di depan SMA N 1 Semarang persis. Tempatnya nyaman karena setelah pemugaran oleh Pemkot Semarang, sekarang sudah ada shelter seperti tenda2 yang enak buat duduk-duduk.


 PKL Tahu Gimbal Bu Atin



Tahu Gimbal 
Rp 12.000 


Es Campur Durian
Rp 15.000

Sesuai dengan namanya, Tahu Gimbal, sudah pasti bahwa bahan pokok yang mendominasi disini adalah Tahu. Tahu gimbal memiliki keunikan tersendiri karena terdiri atas tahu, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas ,menggunakan petis udang . Selain itu sebagai pelengkap biasanya disajikan dengan telur dadar dan kerupuk diatasnya. 

Tahu gimbal Bu Atin ini terbilang bersih, karena dalam proses penggorengan, Gimbal, tahu, dan telur yang digoreng tidak berwarna hitam/gelap. Rasa sambal kacang petisnya yang pedas, membuat anda untuk segera memesan minuman dingin untuk meredakan panasnya rasa pedas di mulut. 

Es Campur yang disajikan dengan durian cukup segar, namun menurut reviewer es nya terlalu "nyegrak" sehingga jika minum terlalu banyak akan membuat gatal di tenggorokkan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memesan air mineral atau teh botol saja.

Alamat: Jalan Taman Menteri Supeno (depan SMA 1 Semarang)
Harga rata-rata : Rp 14.000/orang (+minum tanpa es campur)
Jam buka: 10.00 - 17.00
Reviewer: Grisma Ilfani (@grismailfani), Riski (@riskidotcom), Rangga (@ranggawijaya), Akbar (@aqbr)