Selasa, 18 Oktober 2011

Restoran Legendaris Toko "Oen"

Pernah dengar Toko Oen? Restoran ini merupakan restoran tempoe doeloe yang paling legendaris di Kota Semarang. Restoran ini berada di Jalan Pemuda, pusat kota Semarang. Toko yang berdiri sejak 16 April 1936 ini, sudah turun temurun dan masih menjaga cita rasanya, bahkan interiornya yang khas Belanda hingga sekarang. Toko ini menyediakan masakan Eropa (khususnya Belanda) seperti bistik dan spagheti, masakan Indonesia (nasi goreng, tahu campur, gado-gado, dsb), es krim dan makanan ringan, serta cookies.



Pertama kali anda menginjakkan kaki di Restoran ini, anda akan disambut live music yang jazzy dan pemandangan interior mewah khas Belanda. Pada saat itu, tim RK datang di malam hari, sehingga suasana yang dirasakan sangat romantis. Tak heran jika resto ini terkenal di mata Internasional. Disamping banyak tamu asing yang datang, resto ini juga menjadi cullinary icon di kota Semarang. 

Restoran ini memang disegmenkan untuk kelas atas yang suka dengan keunikan, jadi anda jangan heran karena harga yang ditawarkan, khususnya untuk main course hampir diatas Rp 50.000,- (misal: steak). Awalnya, kami berencana untuk memesan main course seperti steak, dsb, namun karena beberapa diantaranya mengandung Babi (ada menu steak babi, dsb), maka kami mencoba menu makanan ringan dan es krim saja. 


Risoles
Rp 7.000,-


Poffertjes Campur
Rp 17.000,-


Mocca Ice Cream
Rp 15.000,-


Chipolata Ice Cream
Rp 16.000,-


Tuty Frutty Ice Cream
 Rp 27.500,-


Oen Symphony Ice Cream (Gambar dari web)
Rp 27.500,-

Risolesnya menurut kami cukup mengenyangkan, meski hanya memesan satu. Begitu pula poffertjes campur, teksturnya yang lembut dan kenyal membuat lidah tidak berhenti untuk mencicipi makanan ini.

Banyak es krim yang disajikan di restoran ini. Menurut kami, es krim nya memiliki ciri yang khas, yaitu bertekstur seperti ada kacang atau buah-buahannya (disesuaikan tergantung anda memesan eskrim apa). Tampilannya yang menarik menambah selera makan. Jika pelayan menyajikan es tuti fruti, jangan heran jika es krimnya berbentuk 1/4 bola. Es krimnya bukan produk gagal maupun rusak, melainkan itu ciri khas dari Oen sendiri.

Sebenarnya, untuk menu main course boleh coba bagi anda yang ingin mencobanya. Namun karena reviewer kami memiliki kepercayaan tersendiri, maka kami tidak dapat menilai.

Toko OEN, Restaurant - Ice Cream - Patisserie
Jalan Pemuda no 52 Semarang
Telp 024.3541683
Jam buka : 10.00 - 22.00
Harga rata-rata per orang: Rp 40.000 (es&jajanan) / Rp 50.000-Rp150.000 (main course tergantung pesanan)
Reviewer: Akbar (@aqbr) & Riska (@neavertiti)